akupuntur info

Sunday, February 26, 2006

akupuntur perut



Kurapuncture® (Akupuntur Perut) Sembuhkan 1001 Penyakit
"Banyak jalan menuju ke Roma", demikian pula dengan pengobatan, untuk mencapai tingkat kesehatan yang prima banyak cara yang dapat ditempuh. Salah satunya dengan Akupuntur. Akupuntur adalah salah satu cabang dari Ilmu pengobatan Tradisional Chinese Medicine (TCM). Adalah Kurapuncture, sebuah teknik baru yang dibawa oleh Budi Sugirto Widjaja, M.D, seorang dokter lulusan Beijing University of Chinese Medicine (BUCM)

Kurapuncture adalah teknik akupuntur dari negeri cina yang sangat unik. Seperti ilmu akupuntur tangan, akupuntur kepala, akupuntur telinga, demikian juga kurapuncture ini adalah akupuntur yang didasarkan pada titik2 meridian dan non meridian yang membentuk diagram kura-kura di daerah perut, berfungsi untuk menyembuhkan segala macam penyakit, menambah daya tahan tubuh dan meningkatkan tenaga vitalitas!

Banyak manfaat-manfaat yang kita bisa dapatkan dari menusuk jarum atau me-‘moksa’ titik-titik kurapuncture ini! Tubuh jadi singset, sehat, bertenaga, enak tidur, membantu pencernaan dan melancarkan metabolisme tubuh. Konsep dasar dari kurapuncture ini adalah percaya bahwa sumber tenaga / qi dan sistem kontrol metabolisme tubuh berada pada pusar kita dan sekitarnya.

Sejak di rahim ibu, bayi mendapatkan seluruh sari2 makanan, oksigen serta zat-zat lainnya untuk pertumbuhannya lewat tali pusar. Selama kurang lebih 37 minggu kehidupan bayi tergantung dan pertumbuhannya dikontrol oleh tali pusar ini. Ketika keluar dari rahim ibu, sang bayi belajar untuk bernafas, minum air susu, menangis, mengenali lingkungan sekitarnya dengan menggunakan organ-organ yang telah dikembangkan selama di rahim ibu, tentunya melalui tali pusar. Dari konsep ini, kita percaya bahwa daerah sekitar perut ini masih terdapat pusat qi dan sistem kontrol yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita!

Bagian tubuh kurapuncture berfungsi sebagai berikut :

Kepala Kura-kura
Dapat mengobati penyakit pada Kepala, Mata, Hidung, Otot muka dan Pencernaan
Tangan Kura-kura
Dapat mengobati penyakit pada Tangan Pegal2, Kesemutan, Tidak dapat digerakan / Lumpuh dan sakit pada Pundak
Kaki Kura-kura
Dapat mengobati keluhan seperti Kaki Pegal2, Kesemutan, Tidak dapat digerakan / Lumpuh dan Sakit pada pinggang
Perut Kura-kura
Dapat mengobati penyakit seperti Konstipasi / susah buang air besar, hypotensi/hypertensi, daya tahan tubuh yang lemah, disfungsi seksual, Hernia, dan Pencernaan yang tidak baik
Ekor Kura-kura
Dapat mengobati gangguan seperti Disfungsi seksual, prostat, sakit pada saluran kencing, dan Sciatica

Kenapa kura-kura?
Dari titik-titik yang ada dan ditelusuri dari fungsinya yang telah dibuktikan selama 20 tahun oleh Prof. Dr. BoZhiYun di cina, rupanya seperti membentuk diagram kura-kura. Dr. Bo dalam awal penemuannya, diilhami ketika banyak pasien yang sembuh atau bereaksi positif ketika diakupuntur pada bagian perut, dari pengalamannya ini dia terus menyelidiki dan mencatat titik-titik baik pada 6 jalur meridian yang melewati perut, maupun titik-titik di luar meridian yang ada pada bagian perut.

Untuk pengobatan secara mandiri, anda dapat mencoba selama 5 menit utk tiap bagian untuk di-moksa / menggunakan herbal yang berbentuk seperti cerutu yang dibakar dan diarahkan ke kulit perut dengan jarak tiga jari dari kulit. 1 kali pengobatan mandiri dapat dilakukan 5 menit – 20 menit dalam sehari, dilakukan 2 hari sekali dan lakukan hingga 6 kali sebagai satu kali seri pengobatan. Dengan panduan gambar anda dapat mencoba memoksa diagram kura-kura tersebut untuk bagian-bagian tubuh anda yang memerlukan penyembuhan.








Cerita dari Ruang Praktek Pengobatan:
Apakah Penyakitnya Sudah Disembuhkan?

Oleh : Hu Naiwen

Beberapa tahun yang lalu, Saya mempunyai seorang pasien penderita kanker hati dan sudah mencapai tahap akhir. Dia dinyatakan tidak dapat disembuhkan oleh dokter pengobatan Barat dan telah menaruh harapan terakhirnya pada dokter pengobatan China.

Pandangan pertama saya terhadapnya adalah wajahnya terlihat gelap, menandakan adanya endapan air di perut.

Buku Pengobatan Tradisional Kaisar Kuning, pada bab 63, "Acupuncturing the Superficial Luo," mengatakan bahwa jika seseorang jatuh dari suatu ketinggian, darah yang membahayakan akan berada di perut, membuat perut penuh dan menyebabkan tidak dapat membungkuk ke depan atau ke belakang. Ini dapat disembuhkan dengan menggunakan teh herbal dimana bisa memlancarkan air seni dan pembuangan air besar. Karena meridian Jue Yin (hati) dan Shao Yin (ginjal) terluka, melakukan akupuntur pada titik Ran Gu (K2) yang berlokasi di dalam kaki juga efektif. Ini akan membuat darah mengalir ke luar dari urat darah halus di titik Ran Gu. Bahkan, arteri di belakang kaki, seperti juga titik Da Dun (Liv1) pada jempol kaki, dapat diakupuntur untuk melepaskan darah. Hasilnya langsung terasa. Bila penyakit berada pada sisi kanan tubuh, akupuntur harus dilakukan pada kaki kiri, dan sebaliknya.

Berdasarkan diagnosa, ketika seseorang terjatuh dan darah yang berbahaya berada di perut, perut akan menjadi kembung, membuatnya susah untuk membungkuk ke bawah. Pada kasus ini, sisi kanan hati pasien menderita kanker parah. Bukankah ini serupa dengan pengumpalan darah yang berbahaya? Saya kira saya dapat mengobati penyakit ini menggunakan resep herbal untuk melancarkan air seni dan pembuangan air besar, dikombinasikan dengan melakukan akupuntur pada titik kiri Ran Gu dan Da Dun untuk melepaskan darah.

Maka saya mengikuti metode pengobatan saya dan memberikan akupuntur kepada pasien seminggu sekali, juga memberinya resep obat herbal yang akan menenangkan dan menguatkan hatinya. Dalam delapan minggu, pasien dan keluarganya datang mengucapkan terima kasih kepada saya, karena dokter pengobatan Barat di rumah sakit telah memeriksanya dan menemukan kanker yang tidak bisa disembuhkan.

Tiga hari kemudian, seorang saudara pasien datang menemui saya. Dia mengatakan kepada saya bahwa pasien telah meninggal. Saya terkejut dan bertanya apa yang terjadi. Dia berkata ada sebuah kecelakaan mobil kecil. Mobilnya tidak hancur, dan tidak ada penumpang lain yang terluka. Pasien sendiri tidak terdapat luka yang jelas, namun dia meninggal sesudahnya.

Mr. Li Hongzhi mengatakan bahwa, "ada sebuah masalah perlu dijelaskan, penyembuhan Qigong yang biasa dan penyembuhan rumah sakit adalah mendorong ke belakang kesulitan yang merupakan sebab fundamental yang mengakibatkan penyakit, didorong ke paro hidup di belakang atau sesudah itu, karma sama sekali tidak berubah." (Zhuan Falun, Ceramah 7).

Ketika pasien tersebut pertama kali menemui saya, dan selama masa pengobatannya, saya terus-menerus mengatakan kepadanya bahwa penyakit serius disebabkan oleh karma yang telah terakumulasi pada masa lalu. Saya juga menasihati bahwa jika dia ingin penyakitnya bisa sembuh, dia harus belajar sebuah latihan kultivasi qigong tingkat tinggi di aliran Buddha untuk melenyapkan karma dimana telah terakumulasi dari kehidupan demi kehidupan. Dia hanya tertawa dan tidak menganggapnya serius. Dia berpikir bahwa karma dan latihan kultivasi yang saya katakan kepadanya tak ada hubungan dengan kondisinya, dan dia tidak mempertimbangkan anjuran saya sama sekali.

Sebenarnya, mengobati penyakit hanya menunda penderitaan ke suatu waktu lain. Karmanya sendiri tidak tersentuh. Pasien tersebut tidak mengambil kesempatan berharga untuk memulai perjalanan kultivasi. Malahan, ia meninggal pada usia muda. Saya benar-benar merasa sedih untuknya.

Sumber berita: http://www.pureinsight.org/pi/articles/2003/4/21/1571.html
Chinese version available at http://www.zhengjian.org/zj/articles/2003/3/15/20831.html

0 Comments:

Post a Comment

<< Home